SATANDAR MUTU

Written By 085216140877 on Jumat, 19 Agustus 2011 | 03.06



Superbrands Indonesia


adalah penghargaan yang diberikan kepada brand / merek yang telah sukses membangun “Image” dan juga memiliki kualitas dan performa yang baik.

Lembaga Superbrands International sebagai organisasi penilaian independent terhadap merek yang berpusat di Inggris bekerjasama dengan MarkPlus & Co dan Synovate Indonesia sejak April 2005 yang lalu membentuk tim khusus Indonesia Superbrands Council, yang ditunjuk langsung oleh Superbrands Organization dan terdiri dari pakar-pakar dalam bidang merek dan media.

Kriteria pemilihan untuk melakukan seleksi adalah market dominance, longevity, customer loyalty, overall market acceptance dan goodwill untuk melakukan penilaian dan pemilihan
   

Market Dominance, seberapa besar market share produk dibandingkan dengan pesaingnya dan dinilai lebih oleh pelanggan

Longevity, produk TOP 1 mendapatkan opini bagus dan awarness tinggi dari pelanggan

Goodwill, pelanggan memiliki keyakinan yang tinggi terhadap kualitas serta dapat mendeliver kualitas yang dijanjikan


Customer Loyalty, produk mempunyai kelebihan sehingga pelanggan dapat mengingat setiap waktu bila dibutuhkan.

Overall Market Acceptancy, TOP 1 mempunyai perbedaan dengan produk layanan pelumas lainnya yang membuat TOP 1 lebih unggul serta mudah pelanggan merekomendasikannya kepada pengguna lainnya.

ICSA

(Indonesian Customer Satisfaction Award) merupakan penghargaan yang diberikan oleh majalah SWA Sembada dan FRONTIER Research Division kepada brand / merek dengan mengukur dan meriset tingkat kepuasan pelanggan pada brand tersebut.

Kepuasan pelanggan terbentuk dari akumulasi pengalaman konsumen dalam menggunakan produk atau jasa suatu perusahaan dan persepsi konsumen yang terbentuk sebagai akibat dari aktivitas-aktivitas marketing yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Frontier Research Division secara berkesinambungan melakukan riset untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan secara independent. Riset ini dilakukan dengan skala nasional melalui pengukuran yang dikenal dengan nama Indonesian Customer Satisfaction Index (ICSITM) sejak tahun 1999. Survei ini melibatkan 10.500 responden di 6 kota besar (Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan dan Makassar).

Untuk kelima kalinya secara berturut-turut (2001-2005) TOP 1 mendapatkan penghargaan ICSA untuk kategori pelumas Sepeda Motor, dimana penilaian didasarkan pada 3 hal, yaitu kepuasan terhadap kualitas produk, kepuasan terhadap harga dibandingkan dengan kualitas yang diterima dan persepsi akan merek yang lebih baik dari merek yang dinilai.

IBBA


(Indonesian Best Brand Award) diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan Lembaga Riset Independen MARS yang penyelenggaraan-nya telah memasuki tahun yang kelima. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap merek-merek paling bernilai dari hasil survei terhadap sejumlah kategori produk di lima kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan).

Untuk memilih pemenang pada setiap kategori, telah dilakukan survei terhadap 4.100 responden dengan mengukur 6 variabel penilaian. Adapun variabel-variabel tersebut meliputi; popularitas merek (brand awareness), popularitas iklan (ad awareness), persepsi kualitas (perceived quality), kepuasan (satisfaction), penguasaan pasar (market share) dan gain index

Golden Brand


Penghargaan Golden Brand diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan Lembaga Riset Independen MARS untuk brand / merek yang tiga kali berturut-turut memenangkan penghargaan IBBA sesuai dengan kategorinya.

TOP 1 berhasil mendapatkan Golden Brand di tahun 2005 pada kategori Pelumas Motor dengan memenangkan penghargaan IBBA berturut-turut di tahun 2003-2005. Sedangkan di kategori Pelumas Mobil baru berhasil didapatkan pada tahun 2006 ini dengan pencapaian peringkat pertama selama tiga kali berturut-turut di tahun 2004 – 2006.

ICLA

(Indonesian Customer Loyalty Award) merupakan penghargaan yang diberikan oleh majalah SWA Sembada dan bekerja sama dengan Lembaga Riset Independen MARS kepada brand / merek dengan tingkat loyalitas konsumen yang tinggi terhadap produk tersebut.

Penelitian ini dilakukan di Lima kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan) dengan mewawancarai sejumlah kuisioner terstruktur yang melibatkan 1700 responden.

Loyalitas dalam penelitian ini adalah ukuran kesetiaan dari pelanggan dalam menggunakan suatu merek produk atau merek jasa pada kurun waktu tertentu. Pelanggan yang loyal akan kembali menggunakan produk/ jasa produk tersebut sehingga sales produk tersebut menjadi meningkat dan pada akhirnya profit juga meningkat.

Merupakan suatu keuntungan bagi perusahaan apabila pelanggannya loyal menggunakan produk/jasanya karena:


Tidak price sensitive.

Positive Word of Mouth.

Penggunaan produk/jasa lebih banyak di masa mendatang (Add on Selling).

Akan lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan produk/jasanya.

Dengan diraihnya penghargaan ini untuk TOP 1 pada tahun 2005-2006 untuk kategori Pelumas Mobil dan Pelumas Motor semakin menegaskan posisi TOP 1 di mata penggunanya

0 komentar: