Contoh ABSTRAK mengetahui buku cerita bergambar sebagai media belajar visual anak autis kategori ringan

Written By 085216140877 on Minggu, 21 Agustus 2011 | 00.40

ABSTRAK


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku cerita bergambar sebagai media belajar visual  anak autis kategori ringan. Penelitian dilakukan di SD Mutiara Bunda yang menerapkan sistem pendidikan inklusi, yaitu sistem pendidikan yang bertujuan untuk membantu orang tua yang mempunyai anak-anak berkebutuhan khusus untuk lebih memaksimalkan potensi dari segi sosial, emosional, fisik, kognitif maupun kemandiriannya dalam lingkugan anak-anak yang beragam. SD Mutiara Bunda membentuk Unit Stimulasi Anak (USA) untuk menangani anak-anak berkebutuhan khusus termasuk anak autis yang bersekolah di SD Mutiara Bunda. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menghasilkan gambaran secara jelas mengenai buku cerita bergambar sebagai media belajar anak autis kategori ringan, serta bagaimana anak autis memanfaatkan buku cerita bergambar. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan aspek-aspek penataan unsur visual pada gambar akan meningkatkan pemahaman belajar verbal dan visual anak autis kategori ringan. Antara lain aspek kesederhanaan gambar dan cerita, keterpaduan unsur gambar, penekanan objek utama dan unsur lain, dan aspek keseimbangan penataan unsur visual. Penerapaan aspek-aspek penataan unsur visual pada gambar akan meningkatkan pemahaman anak autis kategori ringan terhadap gambar dan cerita. Sehingga anak autis dapat memahami keseluruhan materi cerita pada buku cerita bergambar dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai materi cerita yang diajukan oleh guru pendamping (Helper).


Kats Kunci:     Buku Cerita Bergambar, Media Belajar, Anak Autis



0 komentar: